Penyakit Meniere, Gejala, Penyebab & Pengobatan

Penyakit Meniere, Gejala, Penyebab & Pengobatan

Penyakit Meniere

Jika pada artikel sebelumnya pernah dibahas mengenai pengertian swimmer ear yang merupakan salah satu jenis penyakit telinga.

Nah saat ini Anda akan mendapatkan informasi mengenai penyakit meniere syndrome dari mulai gejala, penyebab dan cara pengobatannya.

Lanjutkan membaca …

Penyakit meniere adalah gangguan pada telinga bagian dalam yang menyebabkan pusing yang parah (vertigo), dering di telinga (tinnitus), gangguan pendengaran dan gejala lainnya.

Tidak seperti jenis penyakit telinga lainnya, penyakit meniere biasanya hanya mempengaruhi satu telinga. Namun, walaupun demikian penyakit telinga ini juga diketahui dapat mempengaruhi ke-2 telinga yaitu berkisar antara 15% pasien.

Penyakit meniere pertama kali diidentifikasi pada awal 1800-an oleh Prosper Ménière.

Penyakit ini mempengaruhi antara 0,3 dan 1,9 per 1.000 orang. Paling sering dimulai pada orang yang berusia 40 hingga 60 tahun. Wanita lebih sering terkena dibandingkan pria.

MenieresDiseasePenyakit meniere diduga disebabkan oleh kelebihan jumlah cairan yang biasanya ada di telinga bagian dalam. Penyakit Meniere mempengaruhi telinga bagian dalam, yang merupakan pusat pendengaran dan keseimbangan.

Telinga bagian dalam berisi serangkaian kanal yang berisi cairan. Kanal-kanal ini berada pada sudut yang berbeda.

Ketika kepala Anda bergerak, gulungan cairan di dalam kanal-kanal ini memberi tahu otak Anda seberapa jauh, seberapa cepat dan ke arah mana kepala Anda bergerak.

Informasi dari kanal-kanal ini diteruskan ke otak melalui saraf vestibular (keseimbangan). Jika otak Anda mengetahui posisi kepala, otak bisa menentukan posisi sisa tubuh Anda.

Koklea adalah alat bantu dengar berbentuk siput di telinga bagian dalam Anda, yang juga dipenuhi cairan.

Cairan ini bergerak sebagai respons terhadap suara. Pesan dilewatkan sepanjang saraf pendengaran ke otak untuk memberi tahu Anda apa yang Anda dengar.

Penumpukan cairan yang berhubungan dengan penyakit Meniere mengganggu ujung saraf pendengaran, menyebabkan fluktuasi pendengaran dan akhirnya kerusakan permanen.

Apa penyebab penyakit meniere syndrome ?

Meskipun penyebab pasti penyakit meniere tidak diketahui, gejala ini disebabkan oleh penumpukan cairan di dalam telinga bagian dalam. Ini mengganggu pesan ke otak dari keseimbangan dan saraf pendengaran, menyebabkan hilangnya kontrol fungsi-fungsi ini.

Penyakit meniere disebabkan oleh penumpukan cairan abnormal di telinga bagian dalam. Ini mempengaruhi sel-sel yang bertanggung jawab untuk keseimbangan dan pendengaran.

Faktor-faktor yang mempengaruhi cairan, yang mungkin berkontribusi terhadap penyakit meniere, termasuk:

  • Drainase cairan yang tidak tepat, mungkin karena penyumbatan atau kelainan anatomi
  • Respon imun abnormal
  • Alergi
  • Infeksi virus
  • Predisposisi genetik
  • Trauma kepala
  • Migrain

Karena tidak ada penyebab tunggal yang teridentifikasi, kemungkinan penyakit Meniere dihasilkan dari kombinasi faktor.

Apa saja gejala, ciri dan tanda penyakit meniere ?

  1. AudiometryPusing
  2. Sakit kepala
  3. Gangguan pendengaran
  4. Kepekaan terhadap suara
  5. Perasaan gelisah.
  6. Perasaan tertekan di telinga. Orang dengan penyakit Meniere sering merasakan tekanan di telinga yang terkena (kepenuhan aural) atau di sisi kepala mereka.
  7. Vertigo. Ciri jika Anda menderita penyakit telinga ini ialah Anda akan mengalami vertigo. Vertigo ialah perasaan berputar, pusing atau merasa sakit kepala.
  8. Tinnitus. Gejala penyakit meniere terakhir ialah berdengung, bersenandung, menggiling, mendesis atau bersiul di telinga Anda yang lebih dikenal sebagai tinnitus.

Bagaimana cara pengobatan penyakit meniere ?

Tidak ada obat untuk penyakit Meniere, tetapi sejumlah perawatan dapat membantu mengurangi keparahan dari vertigo. Tidak ada perawatan untuk gangguan pendengaran yang terjadi pada penyakit Meniere.

Beberapa orang dengan Meniere dapat memperoleh manfaat dari terapi dan prosedur non-invasif, seperti :

  1. Rehabilitasi. Jika Anda memiliki masalah keseimbangan antara episode vertigo, terapi rehabilitasi vestibular dapat meningkatkan keseimbangan Anda.
  2. Alat bantu Dengar. Alat bantu dengar di telinga yang terkena penyakit Meniere bisa meningkatkan pendengaran Anda. Dokter Anda dapat merujuk Anda ke seorang audiolog untuk mendiskusikan pilihan alat bantu dengar apa yang terbaik untuk Anda.
  3. Perangkat Meniett. Untuk vertigo yang sulit diobati, terapi ini melibatkan penekanan pada telinga tengah untuk meningkatkan pertukaran cairan. Sebuah alat yang disebut generator pulsa Meniett menerapkan tekanan pulsa ke saluran telinga melalui tabung ventilasi.

Jika perawatan konservatif yang tercantum di atas tidak berhasil, dokter Anda mungkin menyarankan beberapa perawatan yang lebih agresif lainnya, seperti :

  1. Suntikan telinga tengah
  2. Operasi. Jika serangan vertigo yang terkait dengan penyakit Meniere parah dan melemahkan dan perawatan lain tidak membantu, operasi mungkin menjadi pilihan.

Gaya hidup dan pengobatan rumah

  1. Duduk atau berbaring ketika Anda merasa pusing. Selama episode vertigo, hindari hal-hal yang dapat membuat tanda dan gejala Anda memburuk, seperti gerakan tiba-tiba, lampu terang, menonton televisi atau membaca.
  2. Istirahat selama dan setelah serangan. Jangan terburu-buru kembali ke aktivitas normal Anda.
  3. Hindari mengendarai mobil atau mengoperasikan alat berat jika Anda sering mengalami episode vertigo. Melakukan hal itu dapat menyebabkan kecelakaan dan cedera.
  4. Batasi garam. Mengkonsumsi makanan dan minuman tinggi garam dapat meningkatkan retensi cairan. Usahakan 1.500 hingga 2.000 miligram natrium setiap hari dan sebarkan asupan garam Anda secara merata sepanjang hari.
  5. Kelola stres. Mengelola stres dapat mengurangi keparahan gejala dan membantu Anda mengatasi penyakit Meniere. Psikoterapi dapat membantu Anda mengidentifikasi pemicu stres dan mengembangkan strategi untuk mengatasi kondisi Anda.

Itulah artikel mengenai penyakit meniere dari mulai gejala, penyebab dan pengobatan penyakit meniere.

Semoga bermanfaat 🙂

Ingat ! Selalu berkonsultasi dengan dokter 🙂

Sumber :

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/menieres-disease/diagnosis-treatment/drc-20374916

Posted by Cara Menyembuhkan Telinga Berair & Bau

Penyakit Meniere, Gejala, Penyebab & Pengobatan

Iklan

Penulis: Novita Sari

https://www.dailymotion.com/toniiantoniio

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s